NAMA : Annisa
Badzlina
NPM
: 10116939
KELAS : 2KA19
DOSEN
: DYAH AYU DAMAYANTI
pengertian
Manajemen layanan sistem
informasi ialah suatu metode pengolahan sistem Teknologi Informasi (TI)
yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen/pemakai layanan TI
terhadap bisnis perusahaan.Istilah manajemen layanan sistem informasi tidak
berasal dari suatu organisasi, pengarang, dan pemasok tertentu dan awal
penggunaan frasa ini tidak terlalu jelas kapan di mulainya.
Pada umumnya manajemen
layanan sistem informasi itu menangani masalah tentang operasional manajemen
sistem informasi, bukan pada pengemban teknologinya sendiri. Contohnya pada
proses pembuatan software komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin
ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran di
perusahaan perangkat lunak.
Manfaat
Dari manajemen layanan
sistem informasi bagi lingkungan sekitar :
1.
Memudahkan untuk
mengidentifikasi kebutuhan – kebutuhan yang kita butuhkan dan yang akan
menerampilkan pendukung dalam sitem informasi.
2.
Organisasi yang
akan menggunakan sistem informasi untuk mengolah banyaknya transaksi yang di
butuhkan
3.
Menetapkan investigasi
yang akan diarahkan pada sistem informasi.
4.
Menjamin keterampilan
yang baik dan benar pada kualitas dalam memanfaatkan sistem informasi
Peranan
Peranan manajemen layanan sistem informasi bagi
lingkungan sekitar ialah sebagai berikut :
1. Mendukung Operasional Bisnis.
Manajemen layanan sistem informasi menyediakan
dukungan dalam operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan
pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan sehari-hari.
2. Mendukung Keunggulan Strategis.
Sistem informasi yang dirancang sedemikian rupa dapat
membantu mencapai sasaran mencapai sasaran yang dapat membantu bersaing dengan
perusahan-perusahaan lainnya.
3. Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan
Untuk mengetahui selera konsumen serta peluang pasar.
4. Meningkatkan Aksebilitas Data
Data dapat diakses secara cepat dan on-time dan akurat
bagi pemakainya.
5. Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara Global
dan Menyeluruh
Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global
serta melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar.
6. Meningkatkan Efisiensi Kerja
Layanan sistem informasi berguna untuk mengolah
berbagai macam transaksi, menekan biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai
salah satu produk atau pelayanan mereka.
7. Meningkatkan Daya Saing Bisnis
Dengan semakin meningkatnya persaingan, manajemen
layanan sistem informasi membantu sebuah perusahaan untuk bersaing di pasar
bebas karena manfaatnya bagi perusahaan itu sendiri.
Sumber
:
0 komentar:
Posting Komentar