PENGERTIAN, MANFAAT, PERANAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI DI SEKITAR



NAMA            : Annisa Badzlina
NPM               : 10116939
KELAS            : 2KA19
DOSEN          : DYAH AYU DAMAYANTI

pengertian

Manajemen layanan sistem informasi ialah suatu metode pengolahan sistem  Teknologi Informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen/pemakai layanan TI terhadap bisnis perusahaan.Istilah manajemen layanan sistem informasi tidak berasal dari suatu organisasi, pengarang, dan pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa ini tidak terlalu jelas kapan di mulainya.

Pada umumnya manajemen layanan sistem informasi itu menangani masalah tentang operasional manajemen sistem informasi, bukan pada pengemban teknologinya sendiri. Contohnya pada proses pembuatan software komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran di perusahaan perangkat lunak.
Manfaat
Dari manajemen layanan sistem informasi bagi lingkungan sekitar :
1.       Memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan – kebutuhan yang kita butuhkan dan yang akan menerampilkan pendukung dalam sitem informasi.
2.      Organisasi yang akan menggunakan sistem informasi untuk mengolah banyaknya transaksi yang di butuhkan
3.      Menetapkan investigasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
4.      Menjamin keterampilan yang baik dan benar pada kualitas dalam memanfaatkan sistem informasi
Peranan
Peranan manajemen layanan sistem informasi bagi lingkungan sekitar ialah sebagai berikut :

1. Mendukung Operasional Bisnis. 
Manajemen layanan sistem informasi menyediakan dukungan dalam operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan sehari-hari.

2. Mendukung Keunggulan Strategis.
Sistem informasi yang dirancang sedemikian rupa dapat membantu mencapai sasaran mencapai sasaran yang dapat membantu bersaing dengan perusahan-perusahaan lainnya.

3. Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan 
Untuk mengetahui selera konsumen serta peluang pasar.

4. Meningkatkan Aksebilitas Data
Data dapat diakses secara cepat dan on-time dan akurat bagi pemakainya.

5. Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara Global dan Menyeluruh 
Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global serta melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar.

6. Meningkatkan Efisiensi Kerja
Layanan sistem informasi berguna untuk mengolah berbagai macam transaksi, menekan biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.

7. Meningkatkan Daya Saing Bisnis
Dengan semakin meningkatnya persaingan, manajemen layanan sistem informasi membantu sebuah perusahaan untuk bersaing di pasar bebas karena manfaatnya bagi perusahaan itu sendiri.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar